Berita Lokal

PENGEMBANGAN UMKM MASYARAKAT MELALUI MEDIA DIGITAL DI ERA PANDEMI COVID-19

16 November 2020
Administrator
Dibaca 113 Kali
PENGEMBANGAN UMKM MASYARAKAT MELALUI MEDIA DIGITAL DI ERA PANDEMI COVID-19

KALIBUAYA NEWS - Saat ini, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus kreatif ketika menjual produknya ke masyarakat. Ini karena selama pandemi Covid-19 dan di era kemajuan teknologi, orang lebih cenderung melihat barang melalui Marketplace sebelum membeli.

Jika UKM ingin terus berkembang dan berjualan di pasar, mereka harus mengikuti teknologi terbaru. Ya, karena tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi juga akan mempengaruhi taraf hidup masyarakat di segala aspek.

Saat ini, para pelaku UMKM memang kebanyakan adalah ibu-ibu yang mayoritas belum sepenuhnya mengerti menjual produk melalui Marketplace. Bagi mereka, menjual produk melalui Online bisa dilakukan di aplikasi Chatting WhatsApp, media sosial Facebook dan lain sebagainya. Akan tetapi, saat ini jangkauan Marketplace bagi para pelaku usaha sangat tinggi sehingga dari segi penjualan juga bisa meningkat. 

Transaksi perdagangan online (e-commerce) Indonesia memiliki masa depan cerah. Pasalnya, nilai transaksi yang terus tumbuh selama lima tahun terakhir. Pasar ini merupakan salah satu pemain terbesar dalam bisnis e-commerce Indonesia. Pasar merupakan perantara antara pembeli dan penjual di dunia maya. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan fasilitas penjualan dan pembayaran. Bisa dibilang pasar adalah department store online.

Shopee adalah pemain utama di Indonesia, terutama di negara-negara yang "mengutamakan seluler". Platform belanja online ini tersebar di seluruh Asia Tenggara, dan Shopee juga ada di Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Taiwan.

Presented : Anggelia Fransisca Feby

NPM : 1710631020042

Prodi : Manajemen

Fakultas : Ekonomi

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image